Minggu, 12 Januari 2014

Canggihnya Balita Zaman Sekarang

bermula dari update status di BBM, tiba-tiba teman saya, Rini BBM saya, menanyakan kabar saya dan anak saya. Dia bertanya, "anakmu sudah gadis ya?". heheheee... saya jadi ketawa sendiri bacanya, sayapun menjawab, "iya nih Rin, omongannya yg udah kayak anak gadis. hahahahaa" . Padahal umurnya masih 3tahun lebih. tapi harus kalian tau, kalo anak kami kemampuan nalar dan bicaranya canggih. kenapa saya bilang canggih? karna gak sewajarnya anak seusia dia. hehehehee... mulai dari dia protes soal ayahnya yg jarang pulang karna memang kantornya berada diluar pulau, sampai dia minta ganti susu dengan alasan yg gak saya sangka2, begitu dia lihat iklan susu S** dia bilang, "bun, aku mau ganti S** aja, aku gak mau dia (bintang iklan) lebih cerdas dari aku.". padahal susu dia yg dia minum saat itu Beb****, itu pun atas dasar request dia sendiri. saya cuma jawab, "kamu ngomong kayak gini aja udah nunjukin kamu lebih cerdas dari anak itu.". terus dia bilang, "kalo gitu ganti M******* C***-School aja deh. kan aku udah sekolah.". saya gak tau harus jelasin apa lg ke dia, tp saya pikir yasudahlah, bagus kalo dia udah bs memilih yg baik menurut dia, tinggal kita sebagai orang tua memberi penjelasan baik buruknya. karna dimasa golden age, sangat baik kalo kita memberikan penjelsan yg sebaik2nya terhadap apapun yg anak kita tanya atau perhatikan atau bahkan anak kita pilih, apalagi jika si anak kritis. tapi sering juga ya saya dan suami saya kualahan menjawab atau memberi alasan-alasan masuk akal untuk hal2 yg memang dia belum saatnya untuk mengerti atau tau.
lanjut ke soal perbincangan saya dengan teman saya di BBM, dia bercerita kalau anaknya yg usianya masih dibawah kirana 1tahun, udah gak minum susu di botol susu lg, tp sudah pakai gelas, menurut saya hebat sekali, karna anak kami aja minum susu masih di botol. saya pun minta tips sama teman saya itu agar anak kami juga bisa minum susu digelas. Dan teman saya memberikan saran umum seperti yg dia lakukan ke anaknya, dengan bilang kalau botolnya dipipisin kecoa atau tikus, tapi sayangnya cara begitu pernah saya lakuin, tp anak saya jawab, "yaudah beli dulu yuk bun yg baru.". Oh God! saya gak nyangka, niatnya mau bikin dia gak pakai botol lg, malah jd harus beli baru, kan gak mungkin saya bilang pakai yg lama aja karna td saya bohong, nanti dia bikir berbohong adalah hal yg biasa, akhirnya saya bilang, "yaudah pakai yg lama aja ya, bunda cuci pakai air panas," tapi tau gak dia jawab apa? "gak ah bun, kan udah banyak kumannya gara2 tikus..". Well well well, saya kalah lg, 1-0.
tapi saya dan suami saya sangat bersyukur dianugrahi anak sepintar dia, entah ketularan suami saya atau ketularan saya. heheheheee....
yg pasti saya rasa gak ada hubungannya dengan susu apa yg anak kami minum. karna anak kami sudah beberapa kali ganti susu formula. tp gak ngaruh apa2 kayaknya.
yg pasti beberapa faktor yg bisa bikin anak cerdas yaitu,
1. menciptakan keharmonisan dikeluarga (ayah, ibu, anak), anak2 dgn org tua yg keras memiliki resiko yg lebih besar terhadap masalah ketrampilan,
2. permainan edukatif,
3. pertanyaan2 yg memancing ide anak,
4. berikan suplemen minyak ikan dan beberapa makanan lain yg diperkaya oleh asam lemak omega 3 dan DHA. karna omega 3 bermanfaat bagi otak dengan mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan perhatian, memori dan aspek kognitif lainnya. kognitif itu adalah segala upaya yg menyangkut aktifitas otak.
5. membantu anak mengatasi stres, misalnya anak anda sedang mencemaskan sesuatu hal, ada baiknya anda mengajak anak anda komunikasi, dan menyelesaikan masalah yg dialami anak secara bersama. dan ajak anak melakukan hal yg menyenangkan agar terhindar dari stres.
6. mengurangi kebisingan,
7. rapihkan rumah anda, karna keadaan rumah yg berantakan dan tidak teratur mengarah pada pikiran yg kacau. dan menurut penelitian bahwa rumah yg berantakan dapat mempengaruhi fungsi intelektual anak. dan sebaliknya anak2 yg berada dilingkungan yg bersih, rapih dan terstruktur memiliki daya pikir yg lebih cemerlang dan fokus.
8. memberikan cemilan sehat.
dan tentu masih banyak lagi faktor2 yg mendukung kecerdasan anak.
nah, yuk mulai disiplin sama di kecil, karna mereka adalah aset terbesar dan juga kebanggaan setiap orang tua :)

2 komentar:

  1. tipsnya lumayan..cuma sayang...blm bisa cari alasan positif buat ganti botol susu ma gelas,..hehehe

    BalasHapus
  2. Terus alasannya apa baiknya om? :p

    BalasHapus